Wushu - Kungfu - Kuntao

Sumber : Google.
Banyak masyarakat sangat antusias terhadap beladiri asal negeri tirai bambu ini. Karena film aksi yang menampilkan adegan adegan kungfu dengan gerakan akrobatik yang sangat mengagumkan. Misalnya film Ip Man yang diperankan oleh Donnie Yen, film tersebut sangatlah membuat popularitas beladiri china naik terutama Wing Chun. Kalau dulu, beberapa beladiri asal china ini sangatlah tertutup. Hanya diajarkan kepada beberapa orang saja, itu pun orang orang terdekat. Contohnya adalah Xinyi yang hanya akan diajarkan kepada para suku muslim di china (Saya lupa apa nama suku nya). 

Sebenarnya, wushu atau kungfu dulunya dikenal dengan kuntao. Namun seiring perkembangannya, nama tersebut digantikan dengan wushu atau kungfu. Namun 3 kata tersebut tidak mempunyai sebuah kesamaan arti.


Kuntao, Kuntau, atau Kuntaw (Chinese: 拳 道, Tagalog: Kuntaw) adalah istilah Hokkien untuk seni bela diri yang diciptakan oleh komunitas Tionghoa di Asia Tenggara, khususnya Kepulauan Melayu. Secara harfiah berarti "jalan kepalan", kata kuntao lebih akurat diterjemahkan sebagai "pertempuran seni."


Wushu (武術 atau 武术; Tionghoa: wǔshù) secara harafiah berarti "seni bertempur/bela diri". Kata Wushu berasal dari dua kata yaitu “Wu” dan “Shu”. Arti dari kata “Wu” adalah ilmu perang, sedangkan arti kata “Shu” adalah seni. Sehingga Wushu bisa juga diartikan sebagai seni untuk berperang atau seni beladiri (Martial Art).


Kung fu atau gongfu (功夫, Pinyin: gōngfu) adalah ilmu bela diri yang berasal dari Tiongkok. Akan tetapi, arti kata Kung fu sebenarnya memiliki makna yang jauh lebih luas, yakni sesuatu yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama dan dengan ketekunan yang tinggi. Dengan demikian, seorang ahli masak yang hebat pun dapat dikatakan memiliki Kung fu yang tinggi.

Dari 3 kata tersebut, Wushu lah yang artinya lebih mendekati untuk beladiri china.

Ada banyak jenis wushu di Indonesia, salah satunya adalah taijiquan; wuzuquan (ngo cho kun); baguazhang; wing chun; bajiquan; dll. Tapi karena kurangnya cabang dan pengajar menyebabkan perkembangan wushu di Indonesia terhambat. 

Beberapa perguruan yang menyediakan layanan untuk workshop di Indonesia ada banyak, salah satunya adalah :
  1. Brotherhood of Wing Chun dengan program "Wing Chun Journey"
  2. Perguruan Energi Alam Semesta
  3. IKS. Pro Patria
Sumber : Google.
Mempelajari wushu tidaklah mudah, butuh ketekunan dan kesabaran lebih dalam mempelajarinya. Jika kita tidak mempunyai semangat untuk latihan, semuanya akan sia sia. Wushu adalah salah satu beladiri yang sangat baik untuk dipelajari, karena banyak aplikasi dari jurus tradisional yang bisa dipakai untuk perlindungan diri (Self Defense). Saya sendiri dulu mengikuti Kungfu aliran Nanphe, namun karena kurangnya anggota dan pengajar saya memutuskan untuk keluar dari perguruan tersebut dan pindah ke perguruan lain. Sekarang saya mengikuti Wing Chun, walaupun baru 3 minggu sudah banyak manfaat yang saya dapatkan. Salah satunya yaitu saya sudah bisa sedikit relax dan tenang. Banyak manfaat dalam mengikuti wushu, salah satunya adalah kesehatan. Banyak orang mengikuti wushu karena alasan kesehatan dan untuk hobby. Jika anda berminat mengikuti wushu, silahkan liat halaman Alamat Perguruan CMA.

Berikut adalah beberapa foto wushu :

Wushu Taolu
Shaolin
Wing Chun
Taijiquan
Sumber : Google dan ketikan sendiri.

1 komentar:

  1. Namun wushu sudah menjadi salah satu penyumbang medali emas buat Indonesia di tingkat seagames.
    teknik dasar bola basket

    BalasHapus

Mohon gunakan kata-kata yang sopan, terima kasih banyak atas komentar kalian.

Translator

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Indonesian Chinese Martial Arts Blog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger